Minggu, 19 Mei 2019

PRIBADI BERKARAKTER


Menjadi seseorang yang dewasa dan berkarakter tentu saja adalah idaman semua manusia. Berbagai orang berlomba-lomba untuk menjadi seseorang yang terlihat dan tampil menarik di depan publik tentunya. Tetapi tidak banyak orang tahu bagaimana menjadi seorang laki-laki ataupun perempuan yang benar-benar berkarakter dan konsisten untuk diterapkan pada kehidupan mereka.
Setiap diri seseorang memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Keunikan dari sifat dasar setiap orang adalah sebuah pondasi yang musti di asah agar menjadi lebih berkilau. Kunci dari sebuah karakter bukanlah bagaimana cara diakui oleh orang lain bahwa karakter pada diri Anda sangat menarik, tetapi karakter Anda menjadi inspirasi dan berguna serta bermanfaat pada kehidupan ini. Kita tidaklah hidup sendirian. Dengan beragamnya karakter diri Anda akan menjadi unik apabila dapat menonjolkannya secara positif, karena hal itu adalah identitas diri Anda.
Tidak perlu membuktikan karakter Anda, tetapi tunjukkan yang terbaik dari yang Anda miliki untuk diri Anda sendiri, keluarga, serta lingkungan sekitar, dan kehidupan. Konsisten, obat manapun tak akan membuat sakit sembuh dalam seketika, butuh waktu untuk menyembuhkannya. Dan KUNCINYA bukan pada obat tersebut, tetapi DIRI dan USAHA dari Anda sendiri untuk membentuk sebuah karakter berkualitas!

Pondasi dasar menjadi pribadi yang berkarakter :

1. Menghilangkan Semua Rasa EGO dalam diri. Lihatlah semua orang di sekitar dan lingkungan Anda. Dunia ini memiliki beraneka ragam sifat dan karakter masing-masing, dengan menghormati kepribadian orang lain, secara tidak langsung Anda akan dihormati dengan sendirinya. Dan ego adalah salah satu sifat negatif yang dimiliki oleh nafsu, menjauhkannya menjadi solusi terbaik pada karakter Anda.

2. Menjadi Humanis. Sifat dan sikap untuk peduli baik itu dari sudut pandang simpati dan empati pada kehidupan atau sesuatu yang dialami oleh orang lain. Bijak menanggapi semua permasalahan seseorang yang datang dalam kehidupan Anda seakan-akan Anda juga merasakan permasalahan tersebut. Ramah dan sopan terhadap siapapun baik yang Anda kenal maupun tidak.

3. Emosi Stabil. Permasalahan yang terjadi pada kehidupan Anda tentunya sebuah ujian. Bukan untuk menjatuhkan masa depan atau harga diri Anda, tetapi KARAKTER yang Anda miliki diuji akan kekonsistenannya. Jika Anda memiliki emosi yang stabil sudah bisa dipastikan Anda adalah seorang pemenang. Tingkat keberhasilan seseorang ditentukan melalui proses, dan proses inilah yang menentukan kestabilan emosi Anda. Jika Anda hanya mengandalkan amarah, bukannya menang malah Anda akan terjebak pada masalah yang baru. Dan jika Anda memiliki ketenangan. Lihatlah sikap dari siapapun juga akan kebingungan dengan kesetabilan Anda. Orang yang tenang tak akan mampu dihancurkan oleh siapapun juga

4. Murah Senyum. Terdengar sangat sepele, tetapi senyum adalah poin penting untuk menunjukkan inti dari karakter Anda. Dengan tersenyum berarti Anda sudah menghargai orang lain, dengan tersenyum Anda sudah menghormati orang lain, dan dengan tersenyum adalah cara mudah untuk membuat orang lain bahagia mengenal diri Anda

5. Berwawasan. Sebuah wawasan tidak ditentukan dengan IQ atau tingkat kecerdasan Anda. Anda hanya perlu melihat segala sesuatu yang ada di dunia ini sebagai sebuah pembelajaran dan sebagai daya tarik pengetahuan Anda. Wawasan tidak hanya tentang matematika ataupun hukum fisika. Tetapi segala bentuk kehidupan, hobi, kejadian, serta informasi yang Anda dapatkan adalah inti dari wawasan itu sendiri. Jadi jangan sampai membatasi fikiran untuk tertarik dengan wawasan positif yang baru

6. Komunikasi. Hubungan dengan siapapun juga di dunia ditentukan dengan gaya komunikasi kita. Dari nada intonasi kata-kata, kalimat, serta berbagai ucapan yang Anda keluarkan dari mulut Anda adalah satu titik dari kualitas Anda. Perjelas intonasi dan ucapkan sesuatu yang baik dan ingin Anda bicarakan saja. Misal, pekerjaan, hobi, atau sesuatu yang bernilai positif, dan hindari berbicara tentang hal yang tidak Anda inginkan, misal, membicarakan keburukan orang lain, membuat sekutu di belakang untuk menjatuhkan seseorang dll.

7. Sudut Pandang. Orang berkarakter selalu memiliki fikiran yang luas atau open minded, tetapi berdasarkan prinsip kehidupan Anda. Jangan pernah batasi diri Anda untuk mengetahui sudut pandang orang lain, sehingga Anda dapat mengerti cara berpikir orang lain. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sudah belajar dan menerapkan menjadi penengah dan bukan penghakim kehidupan seseorang.

8. Diri Sendiri. Menjadi diri sendiri adalah hal yang paling penting. Ketahuilah seperti apa sifat dan sikap Anda. Kelebihan dan kekurangan. Serta Kebaikan dan keburukan Anda, sehingga sesuatu yang negatif dapat segera Anda hilangkan. Dan sesuatu yang bersifat positif menjadi daya tarik Anda untuk menggali potensi utama pada diri Anda. Karakter adalah ciri khas diri Anda, tidak perlu menjadi orang lain, tetapi cukup belajar dari pribadi orang lain dalam menempa karakter mereka. Karena pada dasarnya semua orang tidaklah sama dan memiliki karakter berbeda.

9. Passion. Gairah hidup adalah kunci dari seorang pria yang menjadi magnet bagi semua elemen kehidupan. Sukses dengan apapun impian Anda saat ini, total dalam mengejarnya, dan menjadikan passion sebagai tujuan dan paling utama di hidup Anda. Impian adalah passion terbesar seorang pribadi yang berkarakter. Dan dengan passion Anda tak terhancurkan sedikitpun dengan apapun badai di luar sana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurus Maut Tugas ON "Waspadalah"

Ada banyak kesan yang mendalam dari pelatihan IT 6 ini. Bukan hanya menyenangkan tapi juga banyak menyebalkannya… Bagaimana tidak men...