Selasa, 21 Mei 2019

PENTINGNYA MENGKONSUMSI MADU SAAT BERPUASA

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Dimana setiap umat muslim berlomba – lomba untuk mencari pahala dalam beribadah dan menuai kebaikan di bulan suci ini. Saat berpuasa, tubuh kita seringkali merasa lemas dan kehilangan tenaga. Sehingga kita perlu memperhatikan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi agar tubuh kita terlihat bugar saat beraktivitas sepanjang menjalankan ibadah puasa.
Saat sedang berpuasa, makanan manis sering sekali dikonsumsi karena bisa memberikan energi secara instan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dengan tambahan gula justru tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi madu saat berbuka puasa dan juga saat makan sahur. Rasa manis dari madu berasal dari alam yang dikumpulkan oleh lebah. Sehingga rasa manis madu justru tidak memiliki efek samping pada tubuh.
Madu merupakan salah satu jenis pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Seperti halnya sirup, madu berupa cairan kental berwarna keemasan, dan digadang - gadang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Madu yang kita konsumsi mengandung banyak sekali gula alami seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini akan memberikan suplai energi pada tubuh dengan instan dan bertahan lama hingga seharian.
Satu sendok madu mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula. Dengan kandungan yang cukup besar ini Anda bisa memanfaatkan madu untuk penambah energi yang setara dengan beberapa sendok dari nasi putih.
Saat sahur, konsumsilah madu sebanyak 1-2 sendok saja. Kita bisa mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan air terlebih dahulu. Sesuaikan kebutuhan kalori Anda dengan madu agar tidak berlebihan
Selain mengkonsumsi madu saat berbuka dan makan sahur, sebaiknya pola hidup sehat juga harus kita lakukan. Makanan yang bergizi, cukup minum air putih dan olah raga ringan dapat kita lakukan sehingga ibadah puasa kita akan berjalan dengan lancar.

1 komentar:

Jurus Maut Tugas ON "Waspadalah"

Ada banyak kesan yang mendalam dari pelatihan IT 6 ini. Bukan hanya menyenangkan tapi juga banyak menyebalkannya… Bagaimana tidak men...