Minggu, 19 Mei 2019

KEMBALI KE BLOGGER


Ramadhan membawa berkah. Sungguh berawal dari sebuah keisengan coba – coba mendaftar setelah membaca informasi selang beberapa hari kemudian pun mendapatkan info dari teman jika nama saya pun terdaftar sebagai peserta pelatihan. Antara yakin dan tidak sebenarnya, namun tidak ada lagi yang bisa saya katakan kecuali ucapan rasa syukur karena ada beberapa teman yang berharap ternyata tidak lolos sebagai peserta pelatihan.
Semua diawali dengan serba tidak terencana bahkan mendownload semua persyaratannya pun juga mendadak. Masih dengan banyak keraguan kembali saya baca persyaratannya dan sungguh tertulis jelas Pelatihan Berbasis IT. Entah apa yang sedang berkecamuk saat itu, yang jelas ketika berangkat menuju ke SMK PGRI 1 dalam benak pun juga masih dengan banyak tanya dan keraguan…apa benar – benar siap mengikuti pelatihan ini?. Bukan karena alergi dan antipati dengan IT tetapi ada banyak memori indah yang tak mungkin saya ceritakan dibalik dunia IT yang sempat saya vakumkan lebih dari 5 tahun yang lalu.
Memulai itu lebih sulit daripada mengawali. Kalimat itu yang selalu terbersit sembari menunggu pembukaan pelatihan dimulai. Dan ketika Ketua PGRI Lumajang Bapak Winadi, M.Pd m enyampaikan sambutannya yang diantaranya menjadi guru itu bukan hanya mengajarkan materi saja tetapi juga harus mengajar dengan hati, memahami bagaimana kondisi psikologis peserta didik dan harus mampu mengembangkan diri dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai wujud dari keprofesionalannya. Saya pahami betul bahwa dalam era millineal ini bagaimana mungkin kita akan berjalan mundur meninggalkan teknologi dalam pembelajaran sedangkan tuntutan jaman semakin lama semakin berkembang pesat.
Selepas pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama dari bapak Umar Thalib tentang web pembelajaran. Peserta diajarkan bagaimana cara membuat blogger. Bagaimana pemanfaatan blogger dalam pembelajaran dan sebagai media interaksi antara guru, peserta didik dan wali murid secara online. Materi ini benar – benar mengajak saya untuk kembali mengaktifkan blog lama yang pernah saya tinggalkan. Belum sempat mengupas tuntas blogger saya, pelatihan kembali berlanjut dengan pemateri bapak Subakri tentang Pembelajaran e-Tematik yaitu blog yang digunakan untuk media pembelajaran.
Salah satu yang diajarkan di pembelajaran e-Tematik adalah bagaimana mengajak peserta didik untuk ikut belajar menjadi blogger yang salah satunya adalah pemberian tugas yang harus di upload serta pengerjaan soal dan penilaian melalui media blog. Materi inipun sangat menyenangkan dan memberikan inspirasi baru bagaimana agar blog kita tetap bisa eksis dan berkembang. Tidak hanya pembuatan blog pembelajaran saja tetapi pemateri terakhir pada kegiatan IN 1 ini, bapak Enjang Bayu mengajak kita untuk belajar membuat web berbayar. Bagaimana blog yang kita buat secara gratis bisa berubah menjadi domain.
Sungguh benar – benar berkah ramadhan yang kemudian mengajak saya kembali ke blogger… Tidak harus menjadi blogger maniak yang pasti harapannya, selepas pelatihan ada banyak hasil dan karya yang selalu menghiasi halaman blog dengan indah. Terima kasih panitia TP2G yang telah menjembatani metode pembelajaran berbasis IT.(fd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurus Maut Tugas ON "Waspadalah"

Ada banyak kesan yang mendalam dari pelatihan IT 6 ini. Bukan hanya menyenangkan tapi juga banyak menyebalkannya… Bagaimana tidak men...